Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Mihun, jajanan laris dari Kalimantan Timur

 Salah satu jajanan pasar yang laris selain nasi kuning di Kalimantan timur adalah mihun. Terbuat dari mie beras putih. Rasanya lebih gurih dibanding bihun jagung. Cirinya adalah mihun berwarna putih seperti beras, putih susu, sedangkan bihun jagung lebih bening. Mihun ini selain rasanya yang enak juga karena harganya terjangkau.

Kali ini aku mau share makanan kesukaan aku yaitu mihun. Bahan - bahannya antara lain :

🦄 mihun putih

🦄 bawang putih

🦄 bawang merah

🦄 merica

🦄 garam

🦄 penyedap rasa

 Untuk topingnya :

🦄 telur ayam siapkan beberapa butir rebus kemudian buang kulitnya, iris memanjang

🦄 daun seledri cincang halus

🦄 bawang merah goreng

 Cara memasak :

🐹 Didihkan air di panci sedang. Kemudian matikan kompor langsung masukkan mihun putih tadi ke air aduk aduk, jangan terlalu lama. Prosesnya masukkan, aduk merata langsung tiriskan. Karena kalo terlalu lama di aduk akan lembek. Begitu mihun terlihat lemas langsung tiriskan. 

🐹 haluskan bawang merah dan bawang putih, merica.

🐹 siapkan wajan, panaskan minyak secukupnya untuk menumis bumbu mihun tadi. Kemudian setelah panas, tumis bumbu.

🐹 begitu bumbu sudah lemas dan harum masukkan bihun yang sudah ditiriskan tadi.  

🐹 aduk hingga merata, sambil diberi garam dan penyedap rasa secukupnya. Untuk bagian ini, jika ingin menambahkan bubuk merica juga diperbolehkan. Sesuai selera yang di mau.

🐹 bila sudah tepat rasa mihunnya  matikan kompor. Siap dihidangkan bersama irisan telur, dan ditaburi dengan bawang merah goreng dan seledri tadi.


   Untuk sambalnya aku buat simple aja. Haluskan  cabe, kemudian tumis dengan sedikit minyak. Kalau sudah bisa dimakan dengan mihun tadi. Sambal juga bisa diberi bawang cuman aku prefer sambal simpel aja. 

Mihun ini enak banget dimakan dengan perasan jeruk nipis, ini masalah selera, kemudia diberi pula sedikit kecap manis atau asin kalo mau. Rasanya makin  enak. Apalagi topingnya ditambahin suwiran ayam, makin mantap. Oia ini hasil masakan mihun aku :

Kalo kalian tertarik  bisa dicoba, simple saja dan memasaknya pun gak butuh waktu lama.