Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lezatnya ikan layang kecil dengan sambal tomat

   

 Resep ini sebenarnya umum di Indonesia. Ikan goreng dimakan dengan sambal tomat pedas dan nasi putih hangat sudah bisa bikin selera makan naik berkali lipat. 

Aku lebih suka ikan layang yang berukuran kecil dibanding besar, selain karena bumbu akan mudah meresap, sensasi makan ikan kecil berbeda dengan ikan yang berdabing tebal. 

Ok untuk resepnya sederhana saja

🐸 ikan layang kecil

🐸 jeruk nipis

🐸 garam

🐸 kunyit bubuk

🐸 bawang putih bubuk.

Cara pengolahannya ;

Ikan dibersihkan, kemudian beri jeruk nipis, kunyit bubuk, bawang putih bubuk, garam, campur secara merata kemudiang diamkan 30 menit sebelum digoreng.


Untuk Sambal tomatnya :

🐸 cabe rawit 15 biji

🐸 tomat 2-3 biji berukuran sedang

🐸 garam

🐸 penyedap rasa ( optional)

🐸 terasi

🐸 bawang merah 3 siung

🐸 bawang putih 4 siung


Cara pengolahannya ;

Tomat, cabe, bawang merah dan bawang putih, dipotong sedang, kemudian disangrai dengan terasi. Sangrai sampai agak matang, kemudian tambahkan sedikit saja minyak untuk mematangkan secara maksimal. Kalau sudah, angkat, kemudian haluskan dengan blender, atau cobek, beri sedikit garam dan penyedap rasa. Koreksi rasa, siap disajikan dengan ikan yang nanti akan digoreng.


Balik ke ikan layang yang sudah di diamkan tadi, kemudian goreng dengan api kecil, bikan sudwh matang angkat dan tiriskan. Siap disantap dengan sambal tomat tadi. Untuk pendamping,  bisa berikan timun yang dicacah, atau kol yang dicacah ataupun kemangi atau sayur bening.  Tapi karena aku buru - buru, ikan goreng dan sambal saja sudah bikin aku selera makan.