Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertumbuhan pada tumbuhan

 


Pertumbuhan pada tumbuhan dpat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

  1. pertumbuhan primer
  2. pertumbuhan sekunder
Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan pada tumbuhan yang hanya terjadi pada bagian tertentu saja, yaitu pada bagian yang aktif membelah dan tumbuh. Bagian tersebut disebut jaringan meristem. Pada bagian meristem terdapat bagain titik tumbuh akar dan titik tumbuh batang.
  • titik tumbuh akar adalah bagian meristem yang memiliki tudung akar (kaliptra). Tudung akar berperan untuk menembus tanah. Pada daerah titik tumbuh ini terdapat jaringan meristem yang aktif. Jaringan meristem ini berfungsi sebagai cadangan makanan untuk membantu proses pemanjangan akar.  Berdasarkan struktur jaringan meristem sel penyusun akar tumbuhan, titik tumbuh akar dikelompokkan menajadi daerah pemmbelahan sel, daerah pemanjangan sel, dan daerah diferensiasi. Daerah pembelahan terdapat pada bagian ujung akar. Pada bagian ini sel membelah secara cepat. Pada daerah pemanjangan, sel mengalami pemanjangan dan mudah mengalami proses diferensiasi didalam strukturnya. Ada bagian yang dibentuk menjadi protoderm, meristem dasar dan prokambium. Prododerm adalah jaringan yang akan menjadi epidermis. Meristem dasar adalah bagian yang dibentuk untuk menajdi jaringan dasar. Prokambium adalah jaringan yang dibentuk untuk menjadi stele (silinder pusat). Pada daerah diferensiasi, proses organogenesis telah berjalan sempurna sehingga lapisan epidermis telah terdiferensiasi dengan jelas dan telah memiliki bulu-bulu akar. Bulu bulu akar berperan untuk menyerap mineral dari tanah. Oleh karena proses diferensiasi pertama kali terjadi di daerah tersebut, daerah diferensiasi disebut jaringan primer. Pertumbuhan akan menyebabkan terjadinya pemanjangan pada sel-sel akar.
  • titik tumbuh batang adalah jaringan meristem pada batang yang befungsi untuk tumbuhanya batang. Titik tumbuh batang dapat di amati pada tumbuhan yang memiliki tunas berupa kuncup. Jaringan meristem yang membelah membentuk massa berbentuk kubah. Apabila daun muncul dari kuncup tunas, disebut primordia. Tunas samping yang dibentuk akan menjadi cabang batang. Batang juga memilki daerah pemanjangan sel. Pada daerah ini, jaringan yang dibentuk juga akan mengalami proses diferensiasi seperti pada akar. Jaringan meristem batang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu meristem embrional dan meristem kambium. Meristem embrional ditemukan ditemukan pada saat perkecambahan, sedangkan meristem kambium ditemukan pada tumbuhan yang sudah mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara sempurna. 
Pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan ini terjadi setelah pertumbuhan primer. Pertumbuhan ini akan mengakibatkan bertambah besarnya diameter batang. Umumnya hanya tumbuhan berbiji terbuka dan dikotil berkeping dua yang mengalami pertumbuhan sekunder. Pada monokoti tidak terjadi pertumbuhan sekunder, kecuali pada sebagian kelompok saja seperti palem paleman. Pada pertumbuhan sekunder, yang aktif membelah adalah sel-sel meristem yang terdapat pada kambium. Kambium terletak diantara  xilem dan floem. Pembelahan terjadi secara radial, yaitu pembelahan sel yang terdapat di bagian floem mengarah ke luar.  Bagian tersebut disebut jaringan meristem kambium. Akibat pertumbuhan tersebut akan dibentuk xilem sekunder dan floem sekunder. Pertumbuhan jaringan ini akan membentuk formasi melingkar yang disebut lingkaran tahun.