Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mengatasi bau badan

       

  Bau badan yang menyengat memanglah mengganggu bagi orang disekitar termasuk dapat mengurangi rasa percaya diri saat berada di tempat umum. Untuk mengatasi bau badan ada beberapa tips,yang bisa dilakukan antara lain ;

  • Perhatikan asupan makanan
            Perhatikan asupan makanan yang kita makan. Kurangi makan makanan yang mengandung rempah yang kuat, daging-dagingan, kafein, ataupun alkohol dapat memicu tubuh seseorang memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya.  Pernah mendengar istilah ' you are what you eat ' ? Istilah ini memang benar adanya. Terkadang kita sering menemukan orang dengan bau badan yang khas, seperti bau mirip bawang, bau mirip keju, ataupun bau bauan tajam dan apek. Ini semua tidak terlepas dari jenis asupan makanan yang dikonsumsi. Begitu juga dengan terlalu sering mengkonsumsi daging-dagingan terutama daging merah. Pernah kah kalian merasa begah yang terlalu lama setelah makan makanan yang berdaging merah? Contoh setelah makan sup daging sapi, perut teras begah, tidak enak dalam jangka waktu yang lama ? Ini karena sifat daging merah yang cenderung lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga meninggalkan sisa lebih lama disaluran pencernaan. Inilah yang kemudian memunculkan bau tidak sedap dari tubuh seseorang.

  • mandi tiap hari
            Saat beraktivitas seharian, tubuh mengeluarkan keringat sebagai hasil dari metabolisme. Keringat yang menempel ditubuh, akan meninggalkan bau entah bau yang strong ataupun tidak. Jangan lupa mandi tiap hari. Dengan mandi kita membersihkan kulit kita dari bakteri, debu, dan kuman yang dapat menyebabkan bau badan

  • gunakan sabun antibakteri
                Untuk penderita bau badan yang berlebih sehingga mengganggu kenyamanan aktivitas maupun mengurangi rasa percaya diri, pilihlah sabun antibakteri. Sabun jenis ini berfungsi membunuh bakteri penyebab bau badan badan. Jika kulit kalian kering dan sensitif bisa digunakan altenatif lain yaitu merebus beberapa lembar daun sirih kemudian mandi dengan dengan air daun sirih ini. 

  • gunakan deodoran
                Ada banyak produk deodoran yang dijual di pasaran. Pilih sesuai yang anda mau. Karena deodoran berfungsi mengurangi keringat yang keluar dari tubuh dengan wangi dari deodoran.

  • gunakan body cologne
                Kalian bisa beli cologne, banyak merk dengan harga terjangkau, dan soft di kulit. Aplikasikan di bagian punggung kalian sesaat setelah mandi sebelum berpakaian. Wangi dari cologne ini juga membantu.

  • gunakan pakaian berbahan nyaman
                Pilihlah bahan kain yang mudah menyerap keringat, contohnya kain katun saat aktivitasi sehari hari. Pada saat berolahraga bisa gunakan kain sintetis untuk menyerap keringat. Gunakan pakaian longgar dan tidak ketat. Pakaian ketat membuat tubuh seperti kesulitan bernafas yang bisa menimbulkan keringat di pori pori kulit. Selain itu pakaian yang tidak ketat membuat kita lebih nyaman saat bergerak dan beraktivitas.

  • lakukan lulur dan spa
                Kalian bisa gunakan dua metode ini untuk mengatasi bau badan berlebih. Lulur ataupun body scrub membantu pori-pori kulit kita bernafas dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang tidak bisa hanya dibersihkan dengan sabun biasa. Kemudian setelah itu bisa melakukan spa. Kalian bisa gunakan panci besar yang direbus dengan banyak bunga dan rempah wangi, kemudian letakkan di depan tubuh sat kita duduk, lepaskan semua pakaian dan selimuti tubuh serta panci besar. Maka ini membuka pori- pori melancarkan peredaran darah, membuang hawa-hawa tidak enak dari tubuh kalian dari suhu air dipanci tadi. Lakukan ini selama 15 menit sudah cukup.