Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Dermapen, treatment bopeng / scar di wajah ( sharing )

     *Author: Julieta Ulanovsky,Sol Matas,Juan Pablo del Peral,Jacques Le Baiilly downloaded from Freepik


              Microneedling atau dermapen adalah salah satu treatment untuk mengurangi tampilan scar atau bopeng di wajah. Dermapen bekerja dengan cara menusukkan jarum kecil, yang jumlahnya banyak ke area wajah terutama difokuskan pada bagian bopeng tujuannya agar tumbuh kulit wajah baru yang cerah, kencang dan segar. Jadi selama ini aku sudah mencoba berbagai cara untuk bopeng di wajah aku. Aku jerawatan parah saat kuliah di semester 5 akibat penggunaan krim abal - abal. Semenjak itu kulit wajah aku menjadi sangat sensitif. Gampang jerawatan dan berakibat bopeng di kedua pipi aku, walaupun gak terlalu banyak, tapi ini cukup mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri. 

Akhir tahun 2021 sekitar bulan Oktober ataau Nopember lupa tepatnya kapan, aku kemudian memutuskan datang ke klinik kecantikan milik seorang dokter di kota aku. Kemudian mengambil treatment ini. 

Jadi dermapen ini sendiri merupakan tindakan medis yang di lakukan oleh tenaga profesional, dengan cara melukai permukaan wajah dengan jarum kecil. Tujuannya agar diharapkan muncul jaringan baru atau kulit baru diwajah. Merangsang pertumbuhan kolagen di daerah bopeng tersebut. Banyak manfaat yang didapat dari melakukan dermapen ini. Jadi tahapannya, wajah dibersihkan, kemudian diberi salep bius wajah. Kemudian salep bius ini dibiarkan kira - kira 30 menit sampai dengan 45 menit, agar saat diberi tindakan dermapen, kita gak merasa kesakitan. Kemudian setelah terasa kebas, wajah kita dibersihkan dan kemudian tindakan dermapen dilakukan.

Rasanya seperti apa ? Karena dibius, maka gak ada rasa sakit berlebih, kita bisa merasakan ada sesuatu yang digerakkan diwajah kita, tapi kita gak merasa sakit. Bersamaan dengan di dermapen, dokter akan mengoleskan serum. Tujuannya agar serum meresap dikulit wajah yang baru saja dilukai. Untuk serum pertama kali dimasukkan ke kulit, gada rasa sakit, tetapi saat dioleskan kedua kali, efek bius wajah sudah berkurang, nah mulai terasa agak nyelekit dikit aja. Tergantung ukuran jarumnya ya. Biasanya semakin dalam bopeng, semakin panjang ukuran jarum yang digunakan, dan rasanya bakal lebih sakit. Kadang di awal treatment, aku diberi bonus subsisi. Subsisi ini jarum yang ditusukkan ke bopeng, kemudian ada gerakan seperti mengangkat bopengnya. Ini sakit, walaupun udah dibius tetap sakit. Beauty is pain memang berlaku disini haha. 

Balik ke dermapen, setelah dirasa cukup tindakan yang dilakukan, dokter biasa ada yang membiarkan darah diwajah kita ada yang dibersihkan. Kalau kasus aku, mayoritas wajah aku dibersihkan dari darahnya, kemudian diberi masker wajah, kemudian di PDT light selama 15-20 menit. Jika tidak dibersihkan darahnya biasanya setelah facial wajah sebelum treatment dilakukan, wajah di beri masker dan di PDT. Nanti setelah treatment dilakukan, darah wajah kita dibiarkan mengering. Karena kata dokter, darah di wajah pasian dermapen juga bagus. Nah setelah di dermapen ini disarankan mencuci wajah setelah 3 jam sampai dengan 6 jam. Terakhir, aku diberikan krim iritasi, jadi selama 3 hari, wajah kita tidak boleh menggunakan, toner, milk cleanser, krim malam. Untuk face wash dan sunblock tetap boleh digunakan. Penggunaan sunblock setelah wajah diaplikasikan krim iritasi didiamkan selama 5 menit,  baru bisa menggunakan sunblock. Itu sebabnya, karena aku muslim, aku mengambil,treatment ini saat haid, sehari sebelum hari mandi bersih. Karena aku belum sholat. Atau kalau memang saat waktu sholat aku ambil di malam hari, jadi aku bisa sholat dulu sebelum treatment, dan mencuci wajah di pagi hari. Soalnya treatment dermapen di tempat dokter aku lumayan lama pengerjaannya hingga kadang sampai 4 jam. 

       Sampai dengan tahun 2023 ini aku masih melakukan treatment ini sebulan sekali. Terkadang aku mix tiap bulannya dengan chemical peeling atau laser. Hasilnya ? Lumayan membaik dari sebelum melakukan treatment ini. Berapa kali dermapen sampai hasilnya terlihat ? Jujur di aku baru terlihat better setelah melakukan 6 kali treatment ini, baru kelihatan hasilnya. Itupun benar benar terlihat membaik setelah setahun rutin melakukan macam macam treatment yaitu dermapen, laser, chemical peeling. Apakah mulus seratus persen ? Aku bilang gak, tapi better than before. Dokter pun bilang ke aku, treatment ini hanya menyamarkan bopeng, tidak akan bisa membuatnya 100 persen naik. Mungkin banyak faktor yang mempengaruhi. Aku pun memang mengurangi konsumsi gula, agar tidak merusak kandungan kolagen di tubuh yang bisa berakibat bopeng makin terlihat. Jadi kalau kalian bertekad mengurangi bopeng yang dalam, bisa kalian coba treatment di klinik. Aku sudah pernah coba krim atau serum yang katanya ampuh buat bopeng. Percayalah, aku pernah nyobain itu, tidak ada yang membawa hasil tampilan wajah yang lebih baik dibanding ketika mencoba dermapen, atau laser. Karena memang kondisi kulitnya sudah rusak, bopeng itu kan berupa cerukan ke arah dalam, makanya timbul lubang, nah agak terangkat kembali, maka harus dilukai dengan tindakan, yang diharapkan lubang itu terangkat kembali. Jadi treatment ini merangsang pembentukan kolagen dikulit wajah. 

Ini adalah bopeng aku sebelum perawatan :




Dan yang di bawah ini setelah melakukan dermapen, di tahun 2022



Dan dibawah ini aku ambil sekitar 2 bulan yang lalu, awal tahun 2023




Secara foto belum terlihat kontras. Tetapi jika dilihat langsung dan diraba, cerukan diwajah berkurang. Wajah lebih halus dan lebih cerah, dibuktikan dari beberapa teman lama dikantor ketika aku berkunjung ke kantor mereka pada ngomong kamu putihan 😂. Aku masih struggle dengan noda jerawatnya yang berwarna merah, karena noda merah ini paling susah hilang dibanding noda jerawat yang hitam. Dokter menyarankan aku untuk laser co2 tapi aku masih takut, karena laser yang pernah aku ambil baru laser pico, tapi ini lebih pedes lagi rasanya di wajah dibanding dermapen. Aku gak tau kalo laser pico aja aku udah gak kuat gimana laser co2 ? Jadi selama setahun lebih aku lebih banyak mengambil treatment dermapen, dan aku lumayan puas hasilnya. Untuk selanjutnya noda merah mungkin aku bisa coba laser IPL. 

Kalau kalian tertarik bisa coba langsung datangi klinik terdekat di kota kalian. Di klinik dokter yang biasa aku datangi harga treatment dermapen 500 ribu rupiah, untuk laser co2 sekitar satu juta ke atas.